Pengaruh Gaya Mengajar Guru Bahasa Indonesia Terhadap Minat Belajar Siswa - siswi Kelas XII IPA 2
BAB III
METODE PENELITIAN
3. 1 Jenis Penelitian
Penelitian ilmiah adalah karya tulis yang menedepankan data dan fakta. Ditulis menggunakan kaidah-kaidah ilmiah dan ketentuan baku Bahasa Indonesia ragam tulis. Menurut jenisnya karya ilmiah terbagi menjadi kualitatif dan kuantitatif. Dikutip dari info populis, jenis penelitian kuantitatif adalah penelitian yang berfokus pada data berupa angka atau jumlah yang dapat dianalisis menggunakan metode statistik (diakes dari info.populix.co). Sedangkan jenis penelitian kualitatif adalah penelitian yang bersifat deskripsi dan cenderung menggunakan analisis (Mawene, 2014: 27). Berdasarkan definisi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa jenis penelitian kualitatif maupun kuantitatif adalah cara untuk mendekati objek penelitian dengan cara yang berbeda. Kualitatif menonjolkan deskripsi sebagai karakter utama, sedangkan kuantitatif umumnya didominasi oleh statistika. Proposal penelitian berjudul Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Siswa - Siswi Kelas XII IPA 2 menggunakan jenis penelitian kualitatif.
Alasan menggunakan jenis penelitian kualitatif karena penulis ingin mendeskripsikan secara komprehensip keterkaitan antara gaya mengajar guru terhadap minat belajar siswa.
3. 2 Metode Penelitian
Metode adalah prosedur, teknik, atau langkah untuk melakukan sesuatu, terutama untuk mencapai tujuan tertentu, sedangkan metode penelitian adalah cara atau strategi menyeluruh untuk menemukan atau memperoleh data yang diperlukan (Sthafirda, 2008: 4). Jadi metode penelitian dapat disimpulkan sebagai cara untuk mencapai objek penelitian. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah deskripsi kualitatif.
Alasan menggunakan metode deskripsi kualitatif karena sejalan dengan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif.
3.3 Teknik Pengumpulan Data
Pengumpulan data adalah cara seorang peneliti mengumpulkan data dari responden dengan menggunakan berbagi teknik pengumpulan data, antara lain wawancara, angket, kuisiner; untuk mengumpulkan data dari residpenoden dalam penelitian yang berjudul Pengaruh Gaya Mengajar Guru Bahasa Indonesia Terhadap Minat Belajar Siswa - siswi Kelas XII IPA 2 penulis menggunakan wawancara. Menurut Mareng seorang peneliti senior LIPI wawancara adalah kegiatan tanya-jawab secara lisan untuk memperoleh informasi. Bentuk informasi yang diperoleh dinyatakan dalam tulisan, atau direkam secara audio, visual, atau audio visual (LIPI, 2023: 45).
Alasan penulis menggunakan wawancara sebagai satu-satunya teknik pengumpulan data karena peneliti ingin mendengar secara langsung dari responden isi pengajaran para guru. Melalui percakapan langsung penulis yakin ada kejujuran dalam hasil dan proses.
3.4 Teknik Analisis Data
Teknik analisis data dari penelitian yang berjudul Pengaruh Gaya Mengajar Guru Bahasa Indonesia Terhadap Minat Belajar Siswa - siswi Kelas XII IPA 2 digambarkan sebagai berikut:
- Data yang diperoleh melalui wawancara selanjutnya dikumpulkann dan dilakukan pengecekan kembali antara jumlah respondengn dengan data yang terkumpul.
- Bila terdapat data yang tidak sesuai jumlah responden karena masalah teknis maka dilakukan pengumpulan data kembali.
- Setelah melakukan verifikasi data berdasarkan jumlah selanjutnya data diolah menggunakan deskriptif kualitatif dan dibahas sesuai dengan topik bahasan.

Posting Komentar